BELAJAR ENGLISH GRAMMAR DENGAN MUDAH

Belajar dan Latihan Tata Bahasa Inggris dengan mudah
Pada blog ini http://munardih.blogspot.com Siapa pun Anda bisa belajar tata bahasa Bhs. Inggris dengan mudah. Penjelasan-penjelasan dengan bahasa Indonesia yang jelas seperti Anda mendengarkan penjelasan oleh guru serta diikuti oleh latihan-latihan yang lengkap.
Untuk membuka materi dan pembahasan yang spesifik yang diinginkan, tinggal clik kalimat/kata yang ada di bawah Blog!
Cobalah!

Setelah membaca isi blog ini, jangan lupa tinggalkan pesan, komentar atau saran Anda! Thanks

Mengenai Saya

Foto saya
Kotabumi Lampung Utara, Lampung, Indonesia
I am an English teacher

Jumat, 24 Desember 2010

The Simple Past Tense

The Simple Past Tense merupakan salah satu tense dalam bahasa Inggris dan digunakan untuk menyatakan atau mengungkapkan suatu kegiatan, kejadian dan keadaan pada waktu yang lampau.
Oleh karena itu kata kerja yang digunakan dalam tense ini adalah bentu past (lampau) atau sering disebut kata kerja bentuk ke 2 dan keterangan waktu yang mengikuti tense ini selalu menunjukkan waktu lampau, misalnya;

yesterday (kemarin)
last night (tadi malam)
last week (minggu yang lalu)
last year (tahun lalu)
a year ago (setahun yang lalu)
a week ago (seminggu yang lalu)
two days ago (dua hari yang lalu)

Perlu diketahui bahwa kata kerja dalam bahasa inggris ada dua macam yaitu kata kerja beraturan (regular verb) artinya bentuk lampau/past/kata kerja bentuk ke 2 dan bentuk past participle/kata kerja bentuk ke 3 hanya mendapatkan tambahan akhiran ED atau D saja dari bentuk presentnya/bentuk pertama.
Sedangkan Irregular verbs atau kata kerja tidak beraturan artinya bentuk lampau/past/kata kerja ke 2 dan kata kerja bentuk 3/past participle berubah dari bentuk presentnya.
Oleh karna itu sebaiknya Anda yang sedang belajar bahasa inggris untuk menghapalkan kata kerja yang tidak beraturan ini baik cara penulisan maupun pengucapan dan artinya.
Untuk memudahkan Anda mengetahui apakah suatu kata kerja itu termasuk regular atau irregular maka Anda harus melihat pada daftar irregular terlebih dahulu dan jika ada maka ikutilah bentuk yang ada di daftar irregular tsb. tetapi jika dalam daftar itu tidak ada maka bentuk past dan participlenya hanya mendapatkan akhiran huruf D atau ED saja.
Coba perhatikan aturan penambahan huruf D dan ED pada regular verb dibawah ini !


1. Kata kerja regular yang berakhiran dengan huruf E mendapatkan akhiran D

Contoh

race menjadi raceD
like menjadi likeD
agree menjadi agreeD

2. Semua kata kerja regular selain pada poin no 1 di atas mendapat akhiran huruf ED

Contoh
watch menjadi watchED
clean menjadi cleanED
help menjadi helpED
stay menjadi stayED
play menjadi playED

tetapi bila kata kerja regular yang berakhiran dengan huruf Y dan huruf Y tsb didahului oleh huruf mati (konsonan), maka huruf Y itu diganti dengan huruf i lalu ditambahkan akhiran ED

Contoh
study menjadi studiED
marry menjadi marriED
cry menjadi criED

perhatikan huruf Y pada kata stay dan play tidak berubah menjadi i karena huruf Y tidak didahului oleh huruf mati (konsonan)

Perhatikan contoh kalimat berikut!

  1. They watchED tv last night
  2. He helpED me yesterday morning
  3. I studiED English last night
  4. We playED football yesterday afternoon
Keterangan
  • Kata kerja yang dicetak tebal pada contoh di atas adalah bentuk past
  • Kata kerja pada contoh di atas adalah kata kerja beraturan sehingga bentuk pastnya hanya menambahkan akhiran huruf D atau ED saja
  • Keterangan waktunya menunjukkan lampau
  • Penggunaan kata kerja past participle atau bentuk ke 3 akan dibahas pada unit tersendiri
Perhatikan juga contoh kalimat berikut yang menggunakan kata kerja tidak beraturan (irregular verb)!

  1. We went to school sunday
  2. I wrote a letter last night
  3. I got some prizes on my birthday last month
Keterangan

  • Kata kerja went, wrote, dan got adalah bentuk lampau dari go, write, dan get (coba lihat daftar irregular verb!)
  • Kata kerja tersebut adalah kata kerja tidak beraturan dan tidak boleh mendapatkan akhiran D atau ED untuk past nya
  • Kalimat di atas adalah positif
LATIHAN A

Tuliskanlah bentuk lampau/past dari kata kerja regular berikut!
ask - ........
fly - ..........
use -.........
push -.......
hate - ..........
rain - ..........
clean - .........
return - .......
prepare - ........
explain - .........
advise - ..........
invite - ..........
love - ..........
attend - .........

LATIHAN B
Tuliskanlah bentuk lampau dari kata kerja irregular berikut!

bring - ..............
buy - ...............
come - ............
do - .............
eat - ............
find - ...........
feel - ...........
give - ...........
meet - ...........
steal - ............
send - .............
sit - ................
teach - ...........
take - ..........

LATIHAN C
Ubahlah kata kerja dalam kurung kedalam bentuk past/lampau!

  1. He (do) his work well last week
  2. We (attend) a wedding party last Sunday
  3. Someone (steal) my money last morning
  4. She (buy) several eggs yesterday
  5. I (find) my handkerchief on the table last night
  6. The driver (park) his car under the shady tree
  7. you (send) her a bunch of flowers
  8. Mother (prepare) our breakfast this morning
  9. Mr. Budi (teach) us English last semester
  10. They (invite) us to the party last week
LATIHAN D
Ubahlah kalimat berikut ini kedalam bahasa Inggris! Jangan lupa kata kerjanya dalam bentuk past

  1. Dia (pr) membantu saya kemarin
  2. Kami mendorong mobilnya tadi pagi
  3. Guru mengoreksi pekerjaan kami tadi malam
  4. Di (lk) meminjam kamus saya kemarin
  5. Bayi itu menangis tadi malam
  6. Ibu memasak untuk makan malam tadi siang
  7. Mereka bermain tennis meja seminggu yang lalu
  8. Kami menghadiri pesta perkawinan seminggu yang lalu
  9. Saya bertemu Ani di pasar kemarin
  10. Dia menyimpan saputangannya dalam tas tadi pagi
Pembahasan dan latihan-latihan diatas adalah tentang past tense yang menggunakan kata kerja. Tentu Anda masih ingat bahwa dalam bahasa inggris ada kalimat yang menggunakan kata kerja dan menggunakan to be. Untuk kalimat yang menggunakan TO BE cukup dengan merubah TO BE nya saja.

Perhatikan perubahan TO BE berikut!

IS dan AM menjadi WAS
ARE menjadi WERE

Perhatikan juga contoh kalimat berikut!


  1. She is a student menjadi She was a student last year
  2. We are happy menjadi We were happy yesterday
  3. I am young menjadi I was young 24 years ago
Keterangan
  • She is a student artinya dia masih pelajar sekarang
  • She was a student artinya dia dulu seorang pelajar tetapi sekarang dia bukan pelajar lagi mungkin dia sudah bekerja
LATIHAN E
Ubahlah TO BE pada kalimat berikut kedalam bentuk Past!

  1. They are in the classroom
  2. My mother is a nurse
  3. Budi is a driver
  4. We are stupid
  5. I am sad
  6. He is handsome
  7. This book is cheap
  8. She is beautiful
  9. Ani is a diligent student
  10. I am a brave boy

LATIHAN F
Ubahlah kalimat berikut ini kedalam bahasa Inggris!

  1. Dua tahun lalu, dia seorang pilot
  2. Mereka didalam kelas dua jam yang lalu
  3. Dia cantik sekali 40 tahun yang lalu
  4. Ayah sedih ketika menerima surat dari ibunya kemarin
  5. Dia sangat kuat ketika dia masih berusia muda
Setelah Anda menyelesaikan latihan di atas, cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci jawaban yang tersedia!

Berikut ini dibahas bentuk negative dalam past tense. Perhatikan contoh kalimat berikut!

  1. They watched TV last night
  2. You cleaned the floor yesterday
  3. We went to school last morning
  4. She sold ice-cream last year
  5. She was a student last year
  6. We were very happy last week
Bentuk negative dari kalimat diatas adalah

  1. They did not watch TV last night
  2. You did not clean the floor yerterday
  3. We did not go to school last morning
  4. She did not sell ice-cream last year
  5. She was not a student last year
  6. We were not very happy last week

Keterangan

  • Kalimat no 1, 2, 3, dan 4 menggunakan kata kerja, kalimat yang menggunakan kata kerja bentuk negativenya hanya dengan menambahkan DID NOT sesudah subject kalimat dan berlaku untuk semua subject kalimat
  • Kata kerja ke dua (past) dalam kalimat positive berubah ke bentuk present dalam kalimat negativenya.
Contoh,
watched menjadi did not watch
cleaned menjadi did not clean
went menjadi did not go
sold menjadi did not sell

  • Untuk kalimat yang menggunakan TO BE , bentuk kalimat negativenya hanya dengan menambhkan NOT setelah TO BE tsb.
Contoh,
She was menjadi she was not
They were menjadi they were not

Bila Anda sudah paham cara membuat kalimat negative dalam past tense, cobalah Anda mengerjakan latihan-latihan berikut ini!

LATIHAN G
Ubahlah kalimat berikut ini menjadi bentuk negative, sebelumnya tentukanlah kata kerja dari masing masing kalimat

  1. We walked to school yesterday
  2. He left home at ten this morning
  3. She was sick yesterday
  4. The lesson ended at eleven yesterday
  5. We arrived in the city yesterday morning
  6. We discussed our homework last night
  7. He told us about the movie
  8. He helped me with my work
  9. They were my students
  10. I studied English last year
LATIHAN H
ubahlah kalimat berikut ini kedalam bahasa Indonesia

  1. Saya tidak membantu dia kemarin
  2. Mereka tidak nonton tv tadi malam
  3. Tahun lalu, kami tidak tinggal di Malaysia
  4. Ayah tidak membeli koran tadi pagi
  5. Ibu tidak memasak tadi pagi
  6. Anita tidak menyelesaikan prnya tadi malaam
  7. Anton tidak datang pada pesta ulang tahunku kemarin
  8. Anda tidak mengirimkan surat ku tadi pagi
Berikut ini pembahasan mengenai kalimat interrogative atau kalimat tanya. Coba perhatikan contoh kalimat berikut ini!

  1. Did they watch tv last night ?
  2. Did you go to school last Sunday?
  3. Was she a student last year?
  4. Were they happy yesterday?
Jawaban dari kalimat diatas adalah;

  1. Yes, they did atau No, they didn't
  2. Yes, I did atau No, I didn't
  3. Yes, she was atau No, she wasn't
  4. Yes, they were atau No, they weren't
Keterangan
  • Dalam kalimat tanya, DID diletakkan sebelum subjek kalimat dan kata kerjanya berubah menjadi bentuk present
  • Kalimat yang meggunakan TO BE, kalimat tanya dengan meletakkan TO BE sebelum subjek kalimat
  • DID, WAS, dan WERE pada kalimat tanya di atas diartikan APAKAH
  • Untuk jawaban pendek, cukup dengan DID atau WERE/WAS. Perhatikan contoh jawaban diatas
LATIHAN I
Ubahlah kalimat berikut kedalam bentuk interrogative atau tanya!

Contoh
She went to United State last year
menjadi Did she go to united State last year?

  1. Bob bought a new bicycle yesterday
  2. Maria finished her homework last night
  3. Mother cooked for our dinner yesterday morning
  4. They were in the class two hours ago
  5. Father was sick yesterday
  6. He wore his sweater last night
LATIHAN J
Ubahlah kalimat berikut kedalam Bahasa Indonesia!

  1. Apakah kamu pergi ke jakarta kemarin ?
  2. Apakah Dia menonton tv tadi malam?
  3. Apakah mereka di dalam kelas tadi pagi?
  4. Apakah Ana bertemu kamu tadi pagi?
  5. Apakah kamu membantu Budi tadi pagi?
  6. Apakah mereka tiba kemarin?
LATIHAN K
Berilah jawaban pada pertanyaan berikut ini!
Contoh
Did she go to Jakarta last year? (yes)
Jawaban: Yes, she went to Jakarta last year

  1. Did you meet Ani Yesterday?
  2. Did he come to your party last week?
  3. Did your mother buy vegetables yesterday?
  4. Did your father go to office?
  5. Did she attend the meeting yesterday?
  6. Did you have breakfast this morning?
  7. Were you happy yesterday?
  8. Was he naughty when he was young?
LATIHAN L
Ubahlah kalimat berikut kedalam kalimat tanya, gunakan kata tanya yang menyakan kata yang dicetak tebal!
kalau perlu coba baca lagi bab yang membahas kata tanya
contoh
She went to Jakarta last year
menjadi Where did she go last year?

  1. They visited us yesterday
  2. Mother fried rice for our breakfast
  3. My mother was 45 years old
  4. He was a student of Junior High School in 1970
  5. I went to Bengkulu Province last week
  6. Maria finished her homework last night
Anda telah selesai membahas tentang kalimat Past Tense, Coba cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawabannya!











Rabu, 29 September 2010

Personal Pronouns, Possessive Adjectives, Possessive Pronouns

Personal Pronoun adalah kata ganti orang atau benda. Kata ganti ini dapat berfungsi sebagai subjek kalimat dan juga sebagai objek kalimat. sedengkan Possessive Adjective adalah kata sifat yang menunujukkan atau menyatakan kepunyaan atau kepemilikan dan Possessive Pronoun adalah kata benda yang menyatakan kepunyaan atau kepemilikan.
Perhatikan perubahan pada pronouns dan adjectives di bawah ini !

Personal Pronoun
sbg subjek / sbg objek /Possessive Adjectives / Possessive Pronouns

I /me/ my...(...ku) /mine
you / you/ your...(mu) / yours
they/ them / their...(...mereka) / theirs
we/ us / our...(...kita/kami) /ours
he/ him / his...(...nya) /his
she/ her / her...(nya) /hers
it/ it/ its...(...nya) / -

Personal Pronouns sebagai subjek kalimat

1. She is a student (dia seorang pelajar)
2. We are in the classroom (kami di dalam ruang kelas)
3. They go to school ever day (mereka pergi ke sekolah tiap hari)
4. I am happy (saya bahagia)

Keterangan
  • She, , they, dan I pada kalimat di atas sebagai subjek kalimat
Personal Pronouns sebagai objek kalimat

1. I know him very well (saya kenal baik dengan dia)
2. Mr. Budi is teaching us english (pak Budi sedang mengajar kami Bahasa Inggris)
3. Anton loves her very much (Anton sangat mencintai dia)


Keterangan
  • Him, us, dan her pada kalimat di atas adalah sebagai objek kalimat, jadi bukan he, we, dan she
  • Coba bandingkan dengan pronoun sebagai subjek kalimat di atas !
Possessive Adjective
1. She is my sister (dia adalah saudara
saya)
2. I am using her computer (saya memakai komputer nya/dia)
3. They are studying in their class (mereka sedang belajar di kelas mereka)
4. Your mother is very beautiful (ibu mu sangat cantik)

keterangan
  • My, her, their, dan your pada kalimat di atas adalah kata sifat yang menunjukkan kepunyaan, jadi bukan I, she, they, dan you
  • Kata sifat yang menyatakan milik harus diikuti oleh kata benda. Seperti pada contoh di atas diikuti oleh sister, computer, class, dan mother.
  • Jadi salah bila kita mengatakan I/me sister, she computer, they/them class, atau you mother
Possessive Pronoun

Possessive Pronoun juga digunakan untuk menyatakan kepemilikan tetapi tidak diikuti oleh kata benda

1. That book is mine (buku itu milikku)
2. This pen is his (pena ini milik dia)
3. This classroom is ours (ruang kelas ini punya kami)
4. The dictionary on the table is hers (kamus yang di atas meja itu punya dia)

Keterangan
  • Mine, his, ours, dan hers pada kalimat di atas adalah kata yang menyatakan milik tetapi tidak boleh diikuti kata benda
Sebelum Anda mengerjakan latihan, diharapkan Anda untuk menghafalkan kata-kata berikut ini !

Verbs (kata kerja)

wash (mencuci)
want (ingin)
wear (memakai/mengenakan)
have lunch (makan siang)
have dinner (makan malam)
have breakfast (sarapan)
pay attention (memperhatikan)
iron (menyeterika)
bark (menggonggong)
enjoy (menikmati)
ride (mengendarai)
save (menabung/menyimpan)
borrow (meminjam)
meet (berjumpa/bertemu)

Nouns (kata benda)

grandmother (nenek)
grandfather (kakek)
parents (orang tua0
policeman (polisi pria)
policewoman (polisi wanita)
bus-stop (pemberhentian bis)
story (cerita)
dress (pakaian)
hat (topi)
table (meja)
kitten (anak kucing)
vocation (liburan)
bicycle (sepeda)
cloth (pakaian)
chair (kursi)
bird (burung)
dog (anjing)
shoes (sepatu)

Kata penunjuk benda

this (ini) untuk tunggal
that (itu) untuk tunggal
these (ini) untuk jamak)
those (itu) untuk jamak

LATIHAN A
Gantilah kata yang dicetak miring pada kalimat di bawah ini dengan pronouns sebagai subjek !

1. Anwar is a student menjadi He is a student
2. Diana is a policewoman
3. Father goes to his office at 7 am
4. John and Marry are not in the classroom
5. mother is ironing our clothes
6. Jimmi does not know me
7. Endang and I always study together
8. The cat is sleeping on the table
9. My dog is barking
10.Father and mother want to go to Bali

LATIHAN B
Gantilah kata yang bercetak tebal dengan pronoun sebagai objek!

1. John falls in love with Marry very much
2. I ride my bicycle to school
3. Children love their parents
4. We like action film very much
5. I go to school with Helen and Anna
6. He saves his money in a bank
7. They are having dinner with their parents
8. That man borrows my book
9. I always meet John at the bus-stop
10. Do you know my sister?

LATIHAN C
Isilah titik-titik di bawah ini dengan Possessive Adjective yang tepat sesuai dengan subjeknya!

Contoh: John writes a letter to ...his.. grandfather

1. Marry likes .... English class very much
2. John and Marry always do ..... homework
3. Ana goes to school with..... sister
4. Do you always bring .....dictionary
5. Hendro is wearing .....new shoes
6. Parents love .....children
7. Father is driving....... new car
8. We are enjoying.......vocation
9. I usually have........ lunch at 12.30
10. The cat pays little attention to .....kitten

LATIHAN D
Pilihlah salah satu kata yang terdapat dalam kurung!
Contoh: Mother always gives (her, she, hers) new shoes

1. Where is (my, I, me) bag ?
2. My grandmother is telling (we, us, our) a story
3. (he, him, his) teaches (us, we, our) English
4. (you, your, me) English book is on the table
5. Father polishes (his, he, him) shoes every morning
6. (we, us, our) are cleaning (our, we, us) classroom
7. (they, them, their) are finishing their work
8. (you, your, yours) practice Badminton every week
9. (I, me, my) am washing (my, me, I) clothes
10. (you, your, yours) parents are teachers

LATIHAN E
Kerjakan latihan ini seperti contoh!
Contoh: That is my bag menjadi That bag is mine

1. That is our classroom
2. those are his cars
3. this is her umbrella
4. those are their tables
5. those are your chairs
6. that is my hat
7. those are her dresses
8. that is our bird
9. that is their house
10. that is his tape-recorder



Minggu, 22 Agustus 2010

The Questions Words (kata tanya)

Dalam bahasa inggris ada dua bentuk kalimat tanya yaitu kalimat tanya yang tidak menggunakan kata tanya dan kalimat tanya yang menggunakan kata tanya.
Questions Words adalah kata tanya yang digunakan untuk menanyakan sesuatu, benda, binatang, orang, keadaan, sifat, waktu, cara, dan alasan

Kata tanya yang dimaksud adalah;

Where (di/kemana) menanyakan tempat
When (kapan) menanyakan waktu
Why (mengapa) menanyakan alasan
Who (siapa) menanyakan orang
How (bagaimana) menanyakan keadaan dan cara melakukan sesuatu
What (apa) menanyakan benda, binatang, profesi, dan kegiatan
Which (yang mana) menanyakan pilihan
Whose... (...siapa) menanyakan kepunyaan/milik

Dalam membentuk kalimat tanya dengan kata tanya pada dasarnya sama dengan cara membuat kalimat tanya tanpa kata tanya, hanya saja menambahkan kata tanya di depan/di awal kalimat.
Kalimat tanya dengan kata tanya tidak dapat dijawab dengan Yes dan No

Perhatikan dua kalimat tanya berikut ini !

1. Is Ani a student ? yes, she is atau no, she isn't
Apakah ani seorang siswa ? ya atau bukan

2. What is Ani ? Ani is a student
Apa profesi Ani ? Ani seorang siswa

Keterangan

  • Pada kalimat no. 1, jawabannya menggunakan yes atau no karena kalimat tsb tidak menggunakan kata tanya. Sedangkan pada contoh no 2, tidak dijawab dengan yes maupun no karena pertanyaannya menggunakan kata tanya what
  • Pada kedua kalimat di atas kata IS di letakkan sebelum subjek kalimat. Jadi pada dararnya mempunyai cara yang sama hanya pada contoh no 2 menggunakan kata tanya what
Perhatikan juga contoh kalimat berikut ini !

Where (di/ke mana)
1. Where is mother ? Mother is in the kitchen
2. Where does father read the magazine ? He reads the magazine in the room

Jawaban dari Where pada kalimat di atas adalah in the kitchen dan in the room

When (kapan/bila)
1. When do you play tennis ? I play tennis on Sunday
2. When does Budi watch TV ? Budi watches TV in the evening

Jawaban dari when adalah on Sunday dan in the evening

Who (siapa)
1. Who is she ? She is Ani
2. Who plays tennis on Sunday ? Budi plays tennis on Sunday
3. Who is Ani helping ? Ani is helping Ana

Jawaban dari who adalah Ani, Budi, dan Ana

How (bagaimana/apa kabar)
1. How are you ? I am fine
2. How do you go to school? I go to school by city transport

Jawaban dari how adalah fine dan by city transport

How... (berapa)....(diikuti oleh kata sifat)
1. How tall are you? I am 170 cm tall
2. How old is Endah? she is 45 years old
3. How far is your house from here? it is 2 km from here
4. How deep is the river ? it is about 2 m deep
5. How long is your ruler ? it is 25 cm long

How much (berapa harga)
1. How much is the dictionary? it is Rp. 20.000,-
2. How much is the ticket? it is only Rp. 10.000,-

How much (berapa banyak) menanyakan jumlah benda yang tidak dapat dihitung
1. How much money do you have? I have Rp. 500.000,-
2. How much water do you need? I need a glass of water

How many (berapa banyak) menanyakan jumlah benda yang dapat dihitung
1. How many books do you have? I have five books
2. How many brothers do you have? I have two brothers

What (apa) menanyakan benda
1. What do you eat for breakfast? I eat egg for my breakfast

What (menanyakan pekerjaan/profesi)
1. What is your father? he is a teacher

What (menanyakan kegiatan)
1. What are you doing? I am reading today news

What .... (... apa) diikuti oleh kata benda
1. What color is your bag ? my bag is black
2. What book are you reading? I am reading English book

What time (jam berapa)

1. What time do you usually gat up? I usually get up at five

Whose....(....siapa) menanyakan kepemilikan
1. Whose dictionary is this? That is my dictionary

Which ...(...yang mana) diikuti kata benda
1. Which book do you want to buy? I want to buy the English book
2. Which lesson do you like best? I like English

Keterangan
  • Kata tanya diletakkan diawal kalimat
  • Pada contoh di atas, Is, am, are, do, does dan did diletakkan sebelum subjek kalimat. Coba bandingkan lagi dengan kalimat tanya tanpa kata tanya
  • Kalimat tanya dengan kata tanya dapat dijawab dengan singkat atau dengan lengkap. Coba Anda perhatikan lagi dua contoh pada awal pembahasan ini
Sebelum Anda mengerjakan latihan-latihan di bawah ini, diharapkan Anda untuk menghafalkan kata-kata berikut!

plane (pesawat terbang)
color (warna)
breakfast (sarapan)
bag (tas)
river (sungai)
umbrella (payung)
lesson (pelajaran)
handkerchief (sapu tangan)
shoes (sepatu)
sick (sakit)
black (hitam)
short (pendek)
old (tua)
fat (gemuk)
much (banyak)
size (ukuran)
shirt (kemeja)
egg (telur)
hungry (lapar)
tall (tinggi)
long (panjang, lama)
young (muda)
far (jauh)
many (banyak)

LATIHAN A
Pilihlah salah satu kata tanya dalam kurung sesuai dengan jawaban yang diberikan! No. 1 sebagai contoh

1. (who, what, where) is he ? Edi jawabannya Who
2. (where, when, how) is he going to Jakarta ? by plane
3. (when, how, where) do you practise tennis ? On Sunday
4. (where, what, why) is your book ? in my bag
5. (why, who, what) is he absent ? because he is sick
6. (where, what, who) is mother ? in the kitchen
7. (how, where, what) is your father ? a teacher
8. (wh en, where, why) do you live ? in Kotabumi
9. (where, why, who) is he helping you ? Anton is
10. (where, when, why) is the baby crying ? because hungry

LATIHAN B
Isilah titik-titik pada kalimat tanya di bawah ini dengan kata tanya yang tepat dengan merujuk pada kata yang dicetak tebal pada jawaban yang diberikan!

Contoh
  • ....is Ani ? she is very well
  • jawaban How is Ani ?
  1. ....is Ani ? she a student
  2. .... are you reading ? I am reading a magazine
  3. ...are you john ? I am in the sleeping room
  4. ...is coming ? Ali is
  5. ...are they going ? they are going to market
  6. ...do you go to school? I go to school by bus
  7. ...is he going to doctor? because he is not well
  8. ... is mother frying ? she frying some bananas
  9. ... did you come with? I came with Ana
  10. ... are they watching? they are watching TV now

LATIHAN C
Isilah titik-titik pada kalimat berikut dengan kata yang disediakan dibawah ini!

time, size, book, pragramme, colour
  1. What...do you like on TV? I like the news
  2. What...did you buy yesterday? I bought a dictionary yesterday
  3. What...does he usually go to school? He usually goes to school at 7
  4. What...is your T-shirt? It is no 12
  5. What...are your shoes? My shoes are black

LATIHAN D
Isilah titi-titik berikut dengan kata yang tepat

Contoh
How...are you? I am 120 cm
How tall are you?

  1. How...is she? She is 27 years
  2. How...is your dictionary? It is Rp. 50.000,-
  3. How...is from Kotabumi to Bandar Lampung? It is about 100 km
  4. How...is the swimming pool? It is 2 m
  5. How...is the street? It is 4 m
  6. How...are you? I am 170 cm
  7. How...do you run? I run 12km/hour
  8. How...is the ruler? It is 30 cm

LATIHAN E
Isilah titik-titik pada kalimat berikut ini dengan How much atau How many!

  1. .....money do you have?
  2. .....brother do you have?
  3. .....is your book?
  4. .....students are there in the classroom?
  5. .....water do you need?

LATIHAN F
isilah titik-titik pada kalimat berikut ini dengan Whose atau Which dengan merujuk pada jawaban yang dicetak tebal!

  1. .....umbrella is that? that is my umbrella
  2. .....mother is she? she is her mother
  3. .....fruit do you like very much? apple or durian? I like durian
  4. .....lesson is more difficult? English or biology? English is more difficult
  5. .....shoes are those? Those are my shoes

LATIHAN G
Buatlah kalimat tanya dari kalimat-kalimat berikut ini dengan menanyakan kata yang digarisbawahi!

Contoh : I am reading a magazine now?
Jawab : What are you reading?
  1. Mother is cooking in the kitchen
  2. Father is going to his office
  3. Mr. Joko teaches us English
  4. He lives on Jln. Jendral Sudirman no. 102 Kotabumi
  5. Martin goes to mosque on Friday
  6. I go to school at 7 every morning
  7. My mother is 46 years old
  8. She goes to school with her brother
  9. We are finishing our work
  10. Ani is watching TV now

Setelah Anda menyelesaikan latihan-latihan di atas cobalah Anda cocokkan dengan kunci jawabannya!!



Kamis, 19 Agustus 2010

Gerund

Gerund adalah kata kerja yang dirubah menjadi kata benda. Gerund dibentuk dari kata kerja present ditambah akhiran ING. Gerund dalam kalimat dapat digunakan ;

1. Sebagai pokok kalimat
2. Sebagai objek kalimat
3. Sebagai pelengkap
4. Sebagai noun modifier
5. Setelah possessive adjective
6. Setelah preposition
7. Menunjukkan lararangan

1. Sebagai pokok kalimat

contoh;

1. Cooking is a good hobby
2. Baking a cake is very hard
3. Riding a bicycle is nor easy

Keterangan
  • Cooking, baking, dan riding adalah gerund berfungsi sebagai subjek kalimat
  • Kata-kata tersebut berasal dari kata kerja cook, bake, dan ride dengan mendapatkan akhiran ing sehingga menjadi kata benda dan bukan menunujukkan sedang
2. Sebagai objek kalimat

Contoh;

1. I enjoy riding bicycle
2. I like swimming
3. They practise speaking english
4. She begins studying english

Keterangan
  • Kata-kata yang berakhiran dengan ing pada contoh diatas adalah gerund yang berfungsi sebagai objek kalimat
Ada beberapa kata kerja yang dapat diikuti oleh gerund diantaranya;

admit, avoid, deny, finish, mention, practise, recommend, resist, advise, complete, discuss, forget, remember, mind, quit, begin, start, stop, continue, finish, regret, risk, anticipate, consider, dislike, like, hate, can't help, miss, recall, appreciate, delay, enjoy, keep, postpone, recollect, resend, suggest, prefer, neglect, imagine, go, come.

tetapi kata kerja stop, forget, dan remember dapat diikiti oleh gerund dan to infinitive dengan makna yang berbeda, perhatikan contoh berikut !

1. When I was young, I used to smoke but I have stopped smoking
2. I worked hard whole day yesterday. I only stopped to smoke

Keterangan
  • Pada contoh no 1, maksudnya ketika masih muda saya suka merokok tetapi saya sudah berhenti merokok dan saya tidak merokok lagi
  • Pada contoh no 2, maksudnya saya berhenti bekerja untuk merokok
Kata kerja begin, continue, dislike, intend, plan, juga dapat diikuti oleh gerund dan to infinitive tanpa merubah maknanya, perhatikan contoh berikut !

Contoh;

1. The woman began to laugh atau the woman began laughing
2. I dislike playing cards atau I dislike to play cards
3. We continued moving slowly atau we continued to move slowly

3. Sebagai pelengkap

Contoh;

1. My hobby is swimming
2. My favorite sport is playing badminton

Keterangan
  • swimming dan playing adalah gerund sebagai pelengkap
4. Sebagai noun modifier

Contoh;

1. The drawing book is on the table
2. The waiting room is full of people

Keterangan
  • Pada contoh kalimat di atas kata drawing menjelaskan kegunaan dari buku yaitu untuk menggambar
  • Pada contoh no. 2, kata waiting menjelaskan kegunaan ruang yaitu tempat untuk menunggu
5. Setelah possessive adjective

Contoh;

1. Shinta's leaving makes Denny sad
2. Your counting is correct
3. My drawing is very beautiful

6. Setelah preposition

jika suatu kata kerja, kata sifat, dan kata benda diikuti oleh preposition maka kata kerja yang mengikutinya harus dalam bentuk gerund

Contoh;

1. He insisted on taking the bus
2. I am thinking of going to Bali
3. We are talking about spending our holiday
4. I am afraid of walking alone in the darkness
5. She is fond of hiking
6. There is a possibility of meeting him tomorrow

7. Menunjukkan larangan

Contoh;

1. No smoking
2. No parking

LATIHAN A

Nyatakan apakah gerund pada kalimat berikut sebagai subjek, objek, atau pelengkap !

1. Reading increases your knowledge
2. My sister's hobby is cooking
3. My friend likes fishing
4. Girls usually like shopping
5. I prefer standing to sitting when I teach my students
6. They haven't finished doing their homework
7. I imagine winning the game
8. Riding motorcycle is not easy

LATIHAN B
Nyatakan apakah kata yang dicetak miring gereund, present participle, atau past participle !

1. They practise speaking English
2. My favorite sport is riding bicycle
3. The doctor's waiting room is full of the patients
4. The crying baby is very hungry
5. The woman reading magazine in the library is my english teacher
6. The dictionary given by uncle is very useful
7. Not studying caused his failure
8. The building painted white is our school
9. Oxygen released by plants is very important for people
10. My grandmother told us an interesting story last night

LATIHAN C
Ubahlah kata kerja yang ada dalam kurung menjadi present participle atau past participle!

1. They carried him out of the (burn) house
2. We are (interest) in (study) English
3. Some students are very (disappoint) with the result of the test
4. Most children feel (scare) after (watch) horror film
5. When I got home yesterday, I found the children (play) marbles in my home yard
6. (get) married) does not depend on the age
7. All goods (sell) in the store can be (bargain)
8. The patients of the doctor are (wait) in the the (wait) room
9. Waiting is is (bore) work
10. I do not like (play) chess

LATIHAN D
Terjemahkan kalimat berikut kedalam bahasa inggris!

1. Saya sangat tertarik dengan belajar bahasa inggris
2. Belajar bahasa inggris harus dilakukan secara contnue
3. Wanita yang sedang mengendarai mobil itu adalah ibuku
4. Surat yang ditulis oleh sekretaris sudah dikirimkan
5. Carbondioxide (Co2) yang dikeluarkan oleh manusia diperlukan oleh tumbuhan


Jumat, 23 Juli 2010

Pembahasan The Simple Present Continuous Tense

The Simple Present Continuous Tense juga merupakan salah satu bentuk tense dari 16 tenses yang ada dalam bahasa inggris. Kegunaan tense ini adalah untuk menyatakan, mengungkapkan suatu kejadian atau kegiatan yang sedang berlangsung atau sedang terjadi saat kita sedang berbicara.
Keterangan waktu yang sering digunakan adalah; now (sekarang), at present (sekarang ini) dan right now (sekarang ini.

Perhatikan contoh kalimat di bawah ini!
1. I am writing a letter now
saya sedang/lagi menulis sebuah surat sekarang
2. they are watching tv right now
mereka sedang/lagi nonton sekarang
3. at present, he is sleeping
saat ini, dia sedang tidur
4. now, they are studying english
sekarang, mereka sedang belajar bahasa inggris
5. he is walking to school
dia sedang berjalan kesekolah

Keterangan
  • contoh kalimat di atas dalam bentuk positif
  • setelah subjek menggunakan to be IS, AM, atau ARE
  • penyesuaan subjek dengan to be sama halnya pada pembahasan Present Tense yang menggunakan to be
  • setelah to be, kata kerja mendapatkan akhiran ING yang berarti sedang atau dalam sehari-hari kita sering menggunakan kata lagi
  • kata yaang mendapatkan akhiran ING adalah kata kerja bentuk present (sering juga disebut bentuk 1) dan bukan kata benda, kata sifat ataupun kata keterangan
  • perlu diketahui bahwa dalam kalimat bahasa inggris setelah subjek (pokok) kalimat harus ada kata kerja dan apabila tidak ada maka harus menggunakan to be. dengan kata lain harus menggunakan salah satu kata kerja atau to be . Dalam hal ini sebenarnya boleh menggunakan kedua-duanya yaitu to be dan kata kerja asalkan kata kerja yang dimaksud ditambahkan akhiran ING atau dirubah menjadi kata kerja bentuk Past Participle (sering juga disebut kata kerja bentuk ke 3). Untuk pemakaian kata kerja past participle akan dibahas pada pembahasan lain)
Perhatikan beberapa aturan penambahan akhiran ING pada kata kerja bentuk 1 di bawah ini!

1. Kata kerja yang berakhiran dengan satu huruf E dan huruf E tsb didahului oleh huruf mati, maka huruf E tsb hilang dan kemudian ditambahkan akhiran ING

contoh
write menjadi writing
come menjadi coming
use menjadi using

tetapi lihat berikut ini
agree menjadi agreeing
see menjadi seeing

2. Kata kerja yang berakhiran dengan satu huruf mati seperti L, N, M, P, serta T dan huruf mati tsb didahului oleh satu huruf hidup, maka huruf mati tsb didobelkan/digandakan kemudian tambahkan akhiran ING

contoh
travel menjadi travelling
run menjadi running
swim menjadi swimming
stop menjadi stopping
get menjadi getting

3. Kata kerja yang berakhiran dengan huruf mati seperti X, W, serta H dan huruf mati tsb didahului oleh satu huruf hidup, maka huruf mati tsb tidak didobelkan/digandakan

contoh
fix menjadi fixing
show menjadi showing
saw menjadi sawing

4. Semua kata kerja yang berakhiran dengan huruf Y ditambah akhiran ING tanpa merubah huruf Y tsb.

contoh
buy menjadi buying
stay menjadi staying
study menjadi studying
carry menjadi carrying
cry menjadi crying

5. Kata kerja berikut ini berubah bila mendapat akhiran ING

contoh
die menjadi dying
lie menjadi lying
tie menjadi tying
hie menjadi hying

6. Semua kata kerja yang tidak termasuk dalam aturan di atas tidak ada perubahan bila mendapatkan akhiran ING

contoh
build menjadi building
attend menjadi attending

Setelah Anda paham aturan-aturan penambahan ING pada kata kerja sebagaimana dijelaskan di atas, cobalah untuk mengahfalkan kata-kata berikut ini!

Verb (kata kerja)
stop (berhenti, menghentikan)
drive (mengemudikan)
fix (memperbaiki)
eat (makan)
dig (menggali)
build (membangun)
cry (menangis)
attend (menghadiri)
wait (menunggu)
sell (menjual)
forget (lupa)
sleep (tidur)
read (membaca)
cook (membaca)
remember (ingat)

Noun (kata benda)
bus stop (tempat bis berhenti)
hole (lubang)
someone (seseorang)
cloth (pakaian)
party (pesta)
meeting (pertemuan)
kitchen (dapur)
bed (ranjang tempat tidur)

LATIHAN A
Ubahlah kalimat berikut ini menjadi bentuk The Present Continuous Tense!
contoh
they go to school menjadi they are going to school

1. the bus (stop) at the bus stop
2. they (work) in office
3. mother (cook) in the kitchen
4. Ani (sleep) in the bedroom
5. father (dig) a hole beside the house
6. I (drive) a car
7. they (build) a new house
8. Budi (sell) ice cream now
9. we (clean) our house
10. I (read) today newspaper

LATIHAN B
Ubahlah kalimat berikut ke dalam bahasa inggris!

1. saya sedang belajar bahasa inggris sekarang
2. kami sedang nonton televisi sekarang
3. mereka sedang tidur
4. Ani sedang bernyanyi
5. bayi itu sedang menangis
6. seorang guru sedang mengajar
7. saya sedang menunggu seseorang
8. kami sedang mencuci pakaian
9. mereka sedang menghadiri sebuah pesta
10. Nanda sedang menulis sebuah surat

Berikut ini adalah pembahasan kalimat negative dalam present continuous tense. Kalimat negatif dibentuk dengan menambahkan NOT setelah to be.
Coba perhatikan contoh berikut ini !

1. She is NOT studying English now
2. We are NOT watching TV right now

Keterangan
  • NOT diletakkan di belakang to be
LATIHAN C
Ubahlah kalimat berikut ini kedalam bentuk negatif!

1. I am cleaning the floor
2. she is going to school
3. he is writing a letter
4. we are playing badminton
5. they are talking about their homework
6. mother is taking a bath
7. we are having lunch
8. he is smoking
9. Anton is reading a magazine
10. he is waiting his mother

LATIHAN D
pilihlah salahsatu kata yang tepat dalam kurung!

1. I am (playing, swimming, singing) the guitar
2. you are (talking to, closing, studying) the door
3. he is not (sleeping, washing, reading) a novel
4. the farmers are not (working, playing, dancing) in the field
5. Nanda and I are (watching, writing, cooking) tv
6. Susana is not (eating, making, helping) her mother
7. the bel is (ringing, swimming, dancing)
8. Rulli is not (eating, making, writing) apples
9. the children are (listening to, dancing, drinking) to the radio
10. I am (opening, sitting, beginning) the windows

LATIHAN E
Buatlah kalimat negative dalam present continuous tense dari kalimat berikut!

Contoh
1. He is not a cake maker
He is not making a cake

2. I am not a book seller
3. You are not a magazine reader
4. She is not shop keeper
5. Shanti is not a drum band player.
6. Shahrini is not a dangdut song singer

Berikut ini adalah pembahasan tentang kalimat interrogative dalam present continuous tense.
Perhatikan contoh kalimat berikut ini!

1. Is she studying English now ? Yes, she is atau no, she isn't

2. Are they watching tv ? Yes, they are atau no, they aren't

Keterangan

  • Pembentukan kalimat tanya dalam present continuous tense dengan meletakkan TO BE sebelum subjek kalimat
  • Pada contoh kalimat di atas, TO BE diartikan apakah
  • Jawaban kalimat 1; yes, she is artinya sama dengan yes, she is studying English now dan no, she isn't sama artinya dengan no, she isn't studying English
LATIHAN F
Ubahlah kalimat berikut ke dalam bentuk interrogative!

1. Mr. Rahman is buying a car
2. She is finishing English exercise
3. Father is sleeping now
4. Rudi is cleaning the floor
5. The gardener is working in the garden
6. He is singing a song
7. You are opening the door
8. I am washing the clothes

LATIHAN G
Ubahlah kalimat di bawah ini ke dalam bahasa inggris!

1. Apakah mereka sedang mengerjakan PR ?
2. Apakah ayah sedang bekerja di kantornya ?
3. Apakah ibu sedang masak di dapur ?
4. Apakah guru sedang mengajar di kelas ?
5. Apakah Ana sedang mencuci piring ?
6. Apakah Anton sedang mendengarkan radio ?
7. Apakah Anda sedang membaca koran ?
8. Apakah Ana dan Ani sedang pergi ke sekolah ?
9. Apakah mereka sedang berenang di sungai ?
10. Apakah dia sedang membuat kua ?

Setelah Anda menyelesaikan latihan-latihan di atas, cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci jawabannya.
Pada unit ini Anda telah mempelajari kalimat positif, negatif, dan interrogatif dalam present continuous tense. Coba bandingkan dengan present tense yang menggunakan to be!

Jumat, 16 Juli 2010

Kata Benda Jamak dan Tunggal (Singular and Plural Noun)

Dalam Bahasa Inggris kata benda (noun) dapat dibedakan menjadi; 
1. Kata benda yang dapat dihitung (countable noun) Contoh; book, pen, umbrella, dog, bag, bus 
2. Kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable noun) Contoh; water, air, money, sugar, ink, sand, milkSelain itu juga ada kata benda tunggal (singular) dan kata benda jamak (plural) Kata benda tunggal biasanya diikuti oleh kata artikel A, AN atau ONE sebelum kata benda yang dimaksud Contoh; a book (sebuah buku) a pen (sebuah pena) a dog (seekor anjing) one book (satu buku) one umbrella (satu payung) Keterangan
  • A, AN, dan ONE diartikan se... yang menunjukkan satu, sebuah, seekor
  • A diletakkan sebelum kata benda yang diawali dengan bunyi mati (konsonan)
  • AN diletakkan sebelum kata benda yang diawali dengan bunyi hidup (vokal)
  • ONE dapat diletakkan sebelum kata benda yang diawali dengan bunyi mati maupun bunyi hidup
Kata benda jamak (plural) artinya jumlah bendanya lebih dari satu. Dalam bahasa inggris bila jumlah bendanya lebih dari satu, maka kata benda yang mengikutinya juga harus menunujukkan lebih dari satu juga (dijamakkan). Harus diingat bahwa kata benda yang bisa dijamakkan adalah kata benda yang dapat dihitung saja! Contoh a book menjadi two books an umbrella menjadi three umbrellas one dog menjadi four dogs Keterangan
  • two menunjukkan jumlah lebih dari satu, maka kata benda book harus dijamakkan dengan cara menambahkan huruf S
  • tidak benar bila two book atau a books
Ada empat cara/aturan untuk menjamakkan kata benda:
  1. Dengan menambahkan huruf ES di belakang kata benda yang dijamakkan
  2. Kata benda yang dijamakkan berubah dari bentuk tunggalnya (tidak menambahkan huruf S maupun ES)
  3. Bentuk jamak dan tunggalnya tidak berubah/tetap sama
  4. Dengan menambahkan huruf S di belakang kata benda yang dijamakkan 
1. Dengan menambahkan huruf ES di belakang kata benda yang dijamakkan  A. Penambahan huruf ES apabila kata bendanya berakhiran dengan S, X, SS, CH. 
Contoh; 
a bus menjadi four buses 
a box menjadi two boxes 
a class menjadi six   classes 
a watch menjadi two watches. 

B.  penambahan huruf ES bila kata bendanya berakhiran dengan Y yang        didahului  oleh huruf mati (konsonan), dengan catatan huruf Y tsb. dirubah dulu dengan huruf i lalu ditambahkan huruf ES.
Contoh; 
a baby menjadi two babies 
a lady menjadi three ladies 
a city five menjadi cities 

Kata benda yang berakhiran dengan Y yang tidak didahului oleh huruf mati hanya mendapatkan tambahan hurus S saja. 
Contoh; 
a boy menjadi two boys 
a day menjadi seven days.   

C. penambahan huruf ES pada beberapa kata benda yang berakhiran dengan huruf O. 
Contoh; 
a mango menjadi two mangoes
a potato menjadi six potatoes 
a hero menjadi three heroes 
a buffalo menjadi five buffaloes 

tetapi ada kata benda yang berakhiran dengan huruf O dan hanya menambahkan huruf S saja untuk bentuk jamaknya.
contoh; 
a piano menjadi two pianos 
a studio menjadi three studios 
a bamboo menjadi two bamboos 
a radio menjadi two radios 

Agar tidak membingungkan sebaiknya Anda menghafalkan kedua kelompok kata tersebut di atas.

D. penambahan huruf ES pada kata benda berikut ini 
Contoh; 
a wife menjadi three wives 
a knife menjadi two knives 
a wolf menjadi four wolves 
a leaf menjadi two leaves   

2. Kata benda yang dijamakkkan berubah bentuknya (tidak ada penambahan huruf S/ES) 
contoh; 
a man menjadi two men 
a mouse menjadi trhee mice 
a goose menjadi two geese 
a foot menjadi two feet 
a tooth menjadi six teeth 
a child menjadi two children 
an ox menjadi foru oxen 

3. Bentuk jamak dan tunggalnya tidak berubah/tetap sama 
contoh; deer, dozen ,score, grouse, sheep, swine.

4. Dengan menambahkan huruf S di belakang kata benda yang dijamakkan. Semua kata benda yang diluar ketentuan di atas, bentuk jamaknya dengan menambahkan huruf S saja. 
contoh; 
driver menjadi drivers 
table menjadi tables 
book menjadi books 
bag menjadi bags 
Numbers (bilangan) untuk menyebutkan jumlah benda sering digunakan bilangan tertentu, misalnya 4 meja, 10 kursi dan lain lain. 
Berikut ini daftar bilangan dalam bahasa inggris; 
1... one, 2...two, 3...three4...four, 5...five, 6...six, 7...seven, 8...eight, 9...nine, 10...ten, 11...eleven, 12...twelve, 13...thirteen, 20...twenty. 

Perhatikan penyesuaian kata benda dengan TO BE dalam kalimat berikut ini! 
1. the man is a soldier 
2. the men are soldiers 
3. my dictionary is expensive 
4. your dictionaries are expensive Keterangan
  • pada contoh no. 1, man bentuk tunggal, is bentuk tunggal, a bentuk tunggal, dan soldier juga bentuk tunggal
  • pada contoh no. 2, men bentuk jamak, are bentuk jamak, soldiers juga bentuk jamak
  • pada contoh no. 3, dictionary bentuk tunggal, is bentuk tunggal sedangkan expensive bukan kata benda tetapi kata sifat. Kata sifat tidak dapat dijamakkan
  • pada contoh no.4, dictionaries bentuk jamak, are bentuk jamak sedangkan expensive kata sifat
LATIHAN A 
Tuliskan bentuk jamak dari kata benda berikut ini! 
1. flower menjadi flowers 
2. monkey 
3. enemy 
4. knife 
5. mosquito 
6. lady 
7. child 
8. foot 
9. wife 
10. piano 

LATIHAN B 
Tuliskan bahasa inggris kata-kata berikut ini ! 
1. 20 buku 
2. 13 kursi 
3. 45 ekor sapi 
4. 75 gelas 
5. 2 moyet 
6. 90 tikus 
7. 30 hari 
8. 15 guru 
9. 23 siswa 
10. 9 domba 

LATIHAN C
Pilih salah satu kata dalam kurung! 
1. your (tooth, teeth) are white 
2. there are five (children, child) in the class 
3. is this (a, two) suitcase ? 
4. (the table, the tables) are new 
5. (the boy, the boys) are young 
6. our teachers (are, is) in the office 
7. your (bag, bags) is expensive 
8. the bottle (is, are) empty 
9. I have five (pencil, pencils) 
10. there are five (policemen, policeman) in the office 

LATIHAN D 
Ubahlah kata yang dicetak tebal pada kalimat berikut menjadi bentuk jamak dan to be harus disesuaikan! 
contoh; the book is new menjadi the books are new 

1. his pupil is clever 
2. the child is not in the classroom 
3. the man is very happy 
4. the boy is not tall 
5. his son is diligent 
6. her dress is new 
7. his house is big 
8. the baby is not hungry 
9. my pen is in my bag 
10. the mouse is under the table.

Setelah selesai mengerjakan latihan-latihan di atas, cocokkanlah jawan Anda dengan kunci jawaban yang tersedia, semoga hasilnya memuaskan!

Kunci jawaban

latihan A
1. flower menjadi flowers 
2. monkey - monkeys
3. enemy - enemies
4. knife - knives
5. mosquito - mosquitoes
6. lady - ladies
7. child - children
8. foot  - feet
9. wife - wives
10. piano - pianos

LATIHAN B 
1. 20 buku - twenty books
2. 13 kursi - thirteen chairs
3. 45 ekor sapi - fourty five cows
4. 75 gelas - seventy five glasses
5. 2 moyet - two monkeys
6. 90 tikus - ninety mice 
7. 30 hari - thirty days
8. 15 guru - fifteen teachers
9. 23 siswa - twenty three students
10. 9 domba - nine sheep

LATIHAN C 
1. your teeth are white 
2. there are five children in the class 
3. is this a suitcase ?
4. the tables are new 
5. the boys are young 
6. our teachers are in the office 
7. your bag is expensive 
8. the bottle is empty 
9. I have five pencils
10. there are five policemen in the office 

LATIHAN D 
Contoh: The book is new menjadi The books are new 
1. his pupil is clever - his pupils are clever
2. the child is not in the classroom - the children are not in the classroom
3. the man is very happy - the men are very happy
4. the boy is not tall - the boys are not tall
5. his son is diligent - his sons are diligent
6. her dress is new - her dresses are new
7. his house is big - his houses are big
8. the baby is not hungry - the babies are not hungry
9. my pen is in my bag - my pens are in my bag
10. the mouse is under the table - the mice are under the table


Rabu, 14 Juli 2010

Pembahasan The Simple Present Tense (menggunakan Kata Kerja/verb)

THE SIMPLE PRESENT TENSE

(Menggunakan Kata Kerja)


Seperti telah diuraikan sebelumnya bahwa dalam bahasa inggris harus mempunyai/ada kata kerja setelah subjek/pokok kalimat. Bila dalam kalimat itu tidak ada kata kerjanya maka menggunakan to be sebagai kata kerja bantunya, tentu Anda masih imgat pemakaian to be.

Pada pembahasan ini masih dalam bentuk Present Tense tetapi yang menggunakan kata kerja (verb). Sesuai dengan nama tensenya yaitu present tense maka kata kerja yang yang digunakan adalah kata kerja bentuk present atau ke satu. Daftar kata kerja tak beraturan terlampir.


Perhatikan contoh kalimat berikut ini!

  1. I write a letter every month (saya menulis sebuah surat setiap bulan)
  2. we go to school every day (kami pergi ke sekolah tiap hari)
  3. they watch tv every night (merka nonton tv tiap malam)
  4. you clean the floor every morning (kamu membersihkan lantai tiap pagi)
  5. I like banana (saya suka pisang)

Keterangan

  • I, we, they, you, dan I pada contoh kalimat diatas adalah subjek/pokok kalimat
  • Write, go, watch, clean, dan like adalah kata kerja berfungsi sebagai predikat kalimat
  • Contoh kalimat di atas tidak menggunakan to be karena sudah ada kata kerjanya
  • Contoh kalimat di atas dalam bentuk positive

Perhatikan juga contoh kalimat di bawah ini!


  1. she writes a letter every month (dia menulis surat tiap bulan)
  2. he goes to school every morning (dia pergi keseoklah tiap hari)
  3. Ani watches tv every night (Ani nonton tv tiap malam)
  4. mother cleans the floor every morning (ibu membersihkan lantai tiap pagi)
  5. she likes banana (dia suka pisang)

Keterangan

  • She, he, Ani, dan mother pada contoh kalimat di atas adalah sebagai subjek kalimat
  • Dalam bahasa inggris bila subjeknya tunggal/satu seperti pada contoh kalimat diatas (kecuali I dan You), maka kata kerjanya ditambahkan huruf S/ES
  • Penambahan huruf S/ES tsb. Tidak merubah maknanya
  • Jadi write sama artinya dengan writes, go sama artinya dengan goes

Perhatikan aturan/ketentuan penambahan huruf S dan ES dibelakang kata kerja yang subjeknya tunggal di bawah ini


  • Penambahan huruf ES pada;

a. Kata kerja yang berakhiran dengan huruf S, SH, CH, X, dan Z

Pass menjadi Passes

Push menjadi Pushes

Teach menjadi Teaches

Box menjadi Boxes

Jazz menjadi Jazzes

Watch menjadi Watches


Contoh kalimat

  1. Mr. Doni teaches us English
  2. He watches tv every evening

b. Kata kerja yang berakhiran dengan huruf Y yang didahului oleh huruf mati atau

konsonan, maka huruf Y tsb diganti dengan i kemudian ditambahkan huruf ES

Study menjadi Studies

Carry menjadi Carries

Try menjadi Tries


tetapi perhatikan huruf Y yang tidak didahului oleh huruf mati


Buy menjadi Buys

Say menjadi Says


Contoh kalimat


  1. she studies English every Monday
  2. the baby cries when she is hungry
  3. he buys a book every month
  4. she always pays her debt

c. Kata kerja yang berakhiran dengan huruf O

Go menjadi Goes

Do menjadi Does


Contoh kalimat


  1. she goes to school to market every morning
  2. Andi does his homework at night

  • Penambahan huruf S pada semua kata kerja yang tidak termasuk dalam aturan/ketentuan di atas kecuali kata kerja Have. Have tidak mendapatkan tambahan huruf S (haves) tetapi berubah menjadi Has

Contoh kalimat

1. Anton has a dictionary (benar)

2. Anton haves a dictionary (salah)

3. I have a dictionary (benar)

4. I has a dictionary (salah)


Setelah Anda paham penggunaan kata kerja dalam kalimat sederhana serta aturan penambahan huruf S dan ES pada kata kerja tsb, diharapkan Anda untuk menghafalkan kata kerja berikut ini beserta artinya agar memudahkan Anda untuk mengerjakan latihan latihan berikutnya


Study (belajar)

Write (menulis)

Teach (mengajar

Know (mengetahui)

Understand (mengerti)

Pass (leawat, lulus)

Carry (membawa)

Speak (berbicar)

Get (mendapat)

Walk ( berjalan)

Eat (makan)

Want (ingin)

Drink (minum)

Open (membuka)

Stay (tinggal)

Watch (menonton)

Sleep (tidur)

Like (suka)

Buy (membeli)

Push (mendorong)

Try (mencoba

Pay (membayar)

See (melihat)

Run (berlari)

Come (datang)

Cry (menangis)

Close (menutup)

Live (tinggal)

Run (berlari)

Come (datang)

Cry (menangis)

Close (menutup)

Live (tinggal)


Hafalkan juga kata benda (noun) berikut ini!

Coffee (kopi) Football (sepakbola)

Tea (teh) Volleyball (bola voli)

Milk (susu) Game (pertandingan)

Orange (jeruk) Badminton (bulutangkis)

Letter (surat) English (bhs inggris)

Banana (pisang) Market (pasar)

Pineapple (nanas) Apple (apel)

Watermelon (semangka) Floor (lantai)

Homework (pekerjaan rumah) Exam (ujian)

Lesson (pelajaran) Exhibition (pameran)

Door (pintu) Present (hadiah)

Window (jendela) Bag (tas)


LATIHAN A

Ubahlah kalimat-kalimat berikut ini ke dalam bahasa Indonesia!

1. I study English every evening

2. she walks to school everyday

3. we watch tv every night

4. he stays at home on Monday

5. we play football every Sunday

6. they speak English

7. I have a dictionary

8. they live in Kotabumi

9. Ani opens the window every morning

10. you get a present every year


LATIHAN B

Ubahlah kalimat ini ke dalam bahasa Inggris!

1. kami belajar bahasa inggris di dalam kelas

2. mereka berjalan ke sekolah tiap pagi

3. kamu suka pisang

4. di mempunyai kamus bahasa inggris

5. mereka menyelesaikan pr tiap malam

6. saya belajar bahasa inggri pada hari senin

7. kami nonton pertunjukan musik tiap hari minggu

8. dia minum susu pada pagi hari

9. Anton mengajar bahasa inggris

10. kami bermain bola voly tiap hari minggu


LATIHAN C

Tambahkanlah huruf S atau ES pada kata kerja dalam kurung jika diperlukan!


  1. he (teach) us english
  2. we (understand) the lesson
  3. I (go) to school everyday
  4. she (do) the homework every evening
  5. you (study) English on Monday
  6. he (have) a cat
  7. they (play) badminton everyday
  8. she (read) newspaper in the morning
  9. I drink a glass of tea every morning
10. she (get) a present from his parents every year

Bila Anda sudah menyelesaikan latihan-latihan di atas, cocokkanlah hasil pekerjaan Anda dengan kunci jawabannya.

Anda telah mempelajari kalimat Present Tense dalam bentuk positif (berita) yang menggunakan kata kerja (verb). Pada pembahasan berikut ini diuraikan cara membuat kalimat negatifnya.

Perhatikan kalimat negative berikut ini yang diambil dari contoh kalimat positif sebelumnya!

  1. I do not write a letter every month (saya tidak menulis surat tiap bulan)
  2. we do not go to school every morning (kami tidak pergi kesekolah tiap pagi)
  3. they do not watch tv every evening (mereka tidak nonton tv setiap malam)
  4. you do not clean the floor every morning (kamu tidak membersihkan lantai tiap pagi)
  5. I do not like banana (saya tidak suka pisang)

Keterangan

  • I, we, they, you pada contoh kalimat di atas sebagi pokok kalimat
  • Bila dalam kalimat ada kata kerja setelah pokok kalimatnya, maka negatifnya dibentuk dengan menambahkan DO sebelum NOT. DO dalam hal ini tidak ada artinya.
  • NOT dalam kalimat di atas artinya tidak
  • DO NOT dapat disingkat dengan DON’T dan diletakkan setelah pokok kalimat
  • Coba bandingkan dengan kalimat yang menggunakan TO BE

Perhatikan juga contoh kalimat di bawah ini!

  1. She does not write a letter every month (dia tidak menulis surat tisp bulan)
  2. he does not clean the floor every morning (dia tidak membersihkan lantai tiap pagi)
  3. she does not watch tv every night (dia tidak nonton tv tiap malam)
  4. Anton does not like banana (Anton tidak suka pisang)
  5. he does not go to school every morning (dia tidak pergi ke sekolah tiap pagi)

Keterangan

  • She, he, Anton adalah orang ketiga tunggal sebagai pokok kalimat
  • Dalam kalimat negative huruf S atau ES pada kata kerja tidak dituliskan lagi dan dipindahkan dibelakang DO, sehingga DO menjadi DOES lalu tambahkan NOT.
Misalnya,
Anton does not like banana (benar)

Anton do not likes banana (salah)

Anton does not likes banana (salah)

Anton do not like banana (salah)

  • Does not mempunyai arti yang sama dengan Do not
  • Does not dapat disingkat menjadi doesn’t
  • Bila contoh kalimat negatif di atas dirubah lagi menjadi kalimat positif maka kata DOES NOT dihilangkan tetapi jangan lupa tambahkan lagi huruf S atau ES dibelakang kata kerjanya.
Bila Anda sudah paham cara merubah kalimat positif yang ada kata kerja kedalam bentuk negatif seperti contoh di atas maka diharapkan Anda menghafalkan kata-kata berikut ini untuk menambah perbendaharaan kosakata Bahasa inggris Anda!

Verbs (kata kerja)
bring (membawa) sell (menjual)
begin (mulai) feel (merasa)
make (membuat) sing (menyanyi)
steal (menyanyi) send (mengirimkan)
sit (duduk) swim (berenang)
take (mengambil) tell (menceritakan)
smoke(merokok) use (menggunakan)

Nouns (kata benda)
food (makanan) vagetable (sayuran)
kite (layang2) song (lagu)
money (uang) letter (surat)
chair (kursi) pool (kolam)
river (sungai) story (cerita)
fruit (buah) thief (pencuri)

LATIHAN D
Ubahlah kalimat berikut ini kedalam bentuk negatif!

1. I study English every Monday
2. she brings an English Dictionary to school
3. he sings a song
4. a thief steals my money
5. I send a letter to my uncle every year
6. they smoke in the office
7. he uses my pencil
8. I open the window every morning
9. we watch tv every evening
10. he swims in the swimming pool on Sunday

LATIHAN E
Ubahlah kalimat negatif berikut ini kedalam bentuk positif!

1. I don't like fruits
2. Mrs. Ani does not teach english
3. you don't have a dictionary
4. we do not finish our homework
5. she does not work in a bank
6. they do not speak english
7. mother does not cook in the morning
8. she does not drink coffee
9. we do not play football on Sunday
10. the shop does not sell fruits

LATIHAN F
Ubahlah kalimat berikut kedalam bahasa inggris!

1. saya tidak menjual sayuran
2. dia (pr) tidak merokok
3. saya tidak nonton tv tiap malam
4. dia (lk) tidak mencuri uang mu
5. ibu tidak membeli sayuran
6. saya tidak suka sayuran
7. kami todak punya kamus bhs. inggris
8. Ani tidak pergi ke sekolah pada hari Minggu
9. mereka tidak berenang di sungai
10. dia (pr) tidak mempunyai uang

Bila Anda sudah menyelesaikan latihan di atas, cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci jawabannya.
Anda telah mempelajari kalimat positif dan negatif dalam Present Tense yang menggunakan kata kerja. Pada pembahasan berikut akan diuraikan cara membentuk kalimat interogatif (kalimat tanya)

Perhatikan contoh kalimat berikut ini!
1. you write a letter every month
2. they go to school every morning
3. she writes a letter every morning
4. he goes to school every morning

Menjadi kalimat interogatif
1. do you write a letter every month ? yes, I do/no I don't
apakah kamu menulis surat tiap bulan?
2. do they go to school every morning? yes, they do/no, they don't
apakah mereka pergi kesekolah tiap pagi?
3. does she write a letter every month? yes, she does/no, she doesn't
apakah dia menulis surat tiap bulan?
4. does he go to school every morning? yes, he does/no, he doesn't
apakah dia pergi ke sekolah tiap pagi?

Keterangan
  • untuk membentuk kalimat tanya, DO dan DOES diletakkan sebelum pokok kalimat atau diawal kalimat dan diakhiri dengan tanda tanya (?)
  • aturan penggunaan DO dan DOES pada kalimat interogatif sama halnya dalam pembentukan kalimat negatif
  • DO dan DOES pada kalimat interogatif diartikan APAKAH
  • jawaban no. 1 di atas; yes, I do, maksudnya yes, I write a letter every month
  • jawaban no 1 di atas; no, I don't, maksudnya no, I don't write a letter every month
  • coba bandingkan dengan kalimat tanya yang menggunakan TO BE

Perhatikan juga contoh kalimat tanya berikut ini !
1. do you like banana? yes, I do
2. do you smoke? no, I don't
3. does Ani like banana? yes, she does
4. does father smoke? no, he doesn't

Bila Anda sudah paham cara membuat kalimat interogatif seperti di atas, cobalah mengerjakan latihan di bawah ini!

LATIHAN G
Ubahlah kalimat berikut kedalam bentuk interogatif dan beri jawaban!
Contoh;
we watch tv every evening (yes)

menjadi do you watch tv every evening? jawaban yes, we do

1. you study english on Monday (no)
2. he sings a song (yes)
3. they watch tv at night (no)
4. they listen to radio in the morning (yes)
5. He comes from America (no)
6. you speaks English (yes)
7. she walks to school (no)
8. he uses my pencil (yes)
9. Ana brings her dictionary (no)
10.mother feels happy (yes)